Minggu, 13 Desember 2009

ordo polypodiales

Gambar 1. Morfologi Polypodium feei


Regnum Plantae

Division Pteridophyta

Class Pteridopsida

Order Polypodiales

Family Polypodiaceae

Genus Polypodium

Spesies Polypodium feei


Polypodium feei

Habitat

Polypodium feei adalah salah satu suku tumbuhan paku dari famili Polypodiaceae. Tumbuhan ini berupa herba, tumbuhnya menjalar di tanah berpasir yang ditemukan di dekat kawah gunung Bromo. Tumbuhan paku ini hidup di tanah yang berpasir dan agak lembab, kadang hidup disela-sela bebetuan yang telah rapuh.

Morfologi

Akar

Pada umumnya akar paku-pakuan adalah serabut yang bercabang-cabang secara dikotom, tetapi ada pula yang bercabang monopodial atau tidak bercabang. Akar Polypodium feei berupa serabut bercabang secara dikotom berwarna cokelat, rimpang merayap ke tanah, mempunyai ruas-ruas bersisik atau berambut।

Gambar 2. akar Polypodium feei

Batang

Tumbuhan paku ini berhabitus herba,berbentuk rimpang dimana batang tidak bercabang. Batang berdiameter 0,5 cm berbentuk bulat dan berkayu, permukaannya mempunyai bentukan seperti sisik berwarna cokelat dan tidak bercabang.

Daun

Daun Polypodium feei berupa daun tunggal berwarna hijau yang bangun daunnya berbentuk lanset berukuran panjang 9 cm dan lebar 2 cm, ujung daun dan pangkal daun pada tumbuhan paku tersebut berbentuk runcing, sedangkan tekstur berupa helaian dan venasi daun tidak bercabang. Permukaan daunnya kasar akan tetapi tidak mempunyai ramenta, namun pada permukaan bawahnya ditutupi oleh sori.

Gambar 3. Bentuk pangkal dan ujung daun Polypodium feei

Sporangium

Sori Polypodium feei berupa annulus lateral yang berkelompok rapat membentuk garis memanjang, sori tersebut berwarna merah kecokelatan, berbentuk jantung yaitu agak oval terbalik dan mempunyai indusium yang berbentuk kantung. Polypodium feei ini dikatakan mempunyai indusium karena pada saat pengamatan dengan menggunakan mikroskop, sori bergerak dan tumbuh seperti bunga mekar dan akhirnya suatu selaput membuka. Dari membukanya selaput tersebut dimungkinkan adalah sori Jenis Spora Polypodium feei adalah homospor yaitu tumbuhan paku yang mempunyai jenis spora yang sama.

Gambar 4. Sporangium Polypodium feei


Siklus hidup

Dalam siklus hidup Pteridophyta juga terdapat pergantian generasi. Prkembangbiakan Polypodium feei sama dengan tumbuhan paku lainnya yaitu dengan menggunakan spora. Individu yang menghasilkan gamet disebut gametofit dan merupakan generasi yang haploid. Setelah terjadi fertilisasi akan membentuk zigot yang merupakan permulaan dari keturunan (generasi) yang haploid. Kemudian dari sini lalu terbentuk individu yang diploid dan diberi nama sporofit. Sporofit merupakan individu yang menghasilkan spora melalui pembelahan reduksi. Jadi spora ini merupakan permulaan dasi generasi yang haploid. Dari spora ini akan dapat terbentuk protalium (protalus) melalui perkecambahan dari spora।

Gambar 5. Siklus hidup Polypodium feei

Manfaat

Polypodium feei ini mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan kita, salah satunya sebagai bioindikator pencemaran, selain itu berfungsi sebagai antioksidan. Berdasarkan jurnal dari Muchtaridi (2009) yang telah dilakukan pengujian aktivitas antioksidan senyawa proantosianidin dari akar Polypodium feei dan interaksinya dengan tokoferol secara in vitro diketahui mengandung proantosianidin yang belum dimanfaatkan secara umum sebagai antioksidan. Dalam penelitian tersebut sejalan dengan hasil penelitian Bahorun et al.(1993) Menurutnya, proantosianidin dari Crataegus monogyna telah diketahui menghambat malondealdehida3. Kekuatan aktivitas antioksidan senyawa-senyawa sianidin termasuk proantosianidin sangat berhubungan erat dengan struktur senyawa tersebut.Umumnya, penangkapan radikal bebas atau aktivitas antioksidan tergantung pada posisi dan jumlah gugus hidoksil (-OH) aromatik yang merupakan penyumbang proton. Semakin banyak jumlah gugus aromatik-OH pada posisi yang aktif mendonasi proton, maka makin kuat aktivitasnya5 (Cai-Yizhong et al., 2003). Senyawa proantosianidin dari Polypodium feei memilki gugus aromatik-OH yang banyak dan berada pada posisi yang memungkinkan untuk donasi proton pada radikal bebas.


2 komentar:

  1. Morfologi Polypodium feei ini termasuk ap ya?????? nma indonesanya dari Morfologi Polypodium feei ap????

    BalasHapus

bagi yang uda baca blogku ni mohon dikomentari ya...............